Sumber Daya Ekonomi
Sumber daya ekonomi adalah alat yang digunakan untuk
memenuhi kebutuhan manusia yang wujudnya berupa barang atau jasa. Sumber daya
ekonomi dibagi menjadi 4 macam, yaitu:
1. Sumber Daya Alam
Merupakan segala sesuatu yang disediakan oleh alam.
Contoh: air, tanah
2. Sumber Daya Manusia
Merupakan segala kegiatan manusia baik fisik maupun
rohani yang ditunjukkan untuk kegiatan produksi. Contoh: Dokter, Direktu
3. Sumber Daya Kewirausahan
Merupakan semangat, sikap, dan perilaku seseorang
dalam menangani usaha atau kegiatan ekonomi sehingga bisa menghasilkan
keuntungan. Contoh: Usaha roti
4. Sumber Daya Modal
Merupakan sumber daya yang dibuat oleh manusia baik
berupa uang maupun barang dan digunakan untuk membantu kegiatan produksi.
Contoh: Bahan baku, mixer, dll
Konsumen memiliki 3 sumber daya utama dalam
proses pertukaran yang mereka gunakan dan melalui proses ini pemasar memberikan
barang dan jasa, yaitu:
1. Sumber Daya Ekonomi
Potensi sumberdaya ekonomi atau lebih dikenal
dengan potensi ekonomi pada dasarnya dapat diartikan sebagai sesuatu atau
segala sesuatu sumberdaya yang dimiliki baik yang tergolong pada sumberdaya
alam (natural resources/endowment factors) maupun potensi sumberdaya manusia
yang dapat memberikan manfaat (benefit) serta dapat digunakan sebagai modal
dasar pembangunan (ekonomi) wilayahtingkat ketergantungan terhadap sumberdaya
secara struktural harus bisa dialihkan pada sumberdaya alam lain.
2. Sumber Daya Temproral / sementara
·
Waktu menjadi variabel yang semakin penting
dalam memahami perilaku konsumen
·
Karena
konsumen ada suatu bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang sangat
pribadi yaitu waktu senggang
·
Sumber daya kognitif produk yang
diklasifikasikan menurut sifat waktu konsumen disebut barang waktu ( time
goods)
1. Barang yang menggunakan
waktu
Produk yang memerlukan
pemakaian waktu dalam mengkonsumsinya, contoh menonton tv
2. Barang Penghemat Waktu
Produk yang menghemat waktu
memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka. Contoh : Fast food
3. Sumber Daya Kognitif
Merupakan kemampuan untuk merepresentasikan dunia
dan melakukan operasi logais dalam representasi konsep yang berdasar pada
kenyataan. Sumber daya kognitif menggambarkan kapasitas mental yang tersedia
untuk berbagai kegiatan pengolahan informasi.
Pengetahuan
Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang
dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk serta pengetahuan lainnya yang
terkait dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.
Pengetahuan Konsumen terbagi menjadi 3, yaitu:
- Pengetahuan Produk
Merupakan kumbulan berbagai macam informasi mengenai
produk. Pengetahuan ini meliputi katagori produk, merek, terminologi produk,
atribut atau fitur produk, harga produkdan kepercayaan mengenai produk.
Jenis Pengetahuan Produk:
a. Pengetahuan tentang
karakteristik atau atribut produk
b. Pengetahuan tentang
manfaat produk
c. Pengetahuan
tentang kepuasan yg diberikan produk kepada konsumen
2. Pengetahuan Pembelian
Pengetahuan pembelian terdiri atas pengetahuan tentang
toko, lokasi produk di dalam toko dan penempatan produk yang sebenarnya di
dalam toko tersebut. Konsumen cenderung lebih senang mengunjungi toko yang
sudah dikenalnya untuk berbelanja, karena telah mengetahui dimana letak produk
di dalam toko tersebut.
Perilaku Membeli:
- Store Contact: Meliputi tindakan mencari outlet, pergi ke outlet dan memasuki outlet.
- Product Contact: Konsumen akan mencari lokasi produk, mengambil produk tersebut dan membawanya ke kasir.
- Transaction
Konsumen akan membayar produk tersebut dengan tunai,
kartu kredit, kartu debet atau alat pembayaran lainnya.
3. Pengetahuan Pemakaian
Suatu produk akan memberikan manfaat kepada konsumen
jika produk tersebut telah digunakan atau dikonsumsi. Agar produk tersebut bisa
memberikan manfaat yang maksimal dan kepuasan yang tinggi, maka konsumen harus
bisa menggunakan atau mengkonsumsi produk tersebut dengan benar.Produsen
berkewajiban untuk memberikan informasi yang cukup agar konsumen mengetahui
cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan pemakaian suatu produk adalah penting
bagi konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar