PENGERTIAN, TUJUAN, DAN PERSYARATAN SEGMENTASI PASAR
Jerry W Thomas (2007) mengatakan bahwa segmentasi
pasar adalah pengelompokkan pasar berdasarkan kesamaan, kemiripan, atau
mempunyai keterkaitan yang sama. Tujuan dari segmentasi pasar adalah agar
dapat melakukan prioritas, titik berat, atau konsentrasi usaha pemasaran dan
mendorong pembagian (atau segmen pasar) untuk mendapatkan keuntungan kompetitif
dalam segmen tersebut. Sedangkan menurut Michael Richarme (2004), tujuan
segmentasi pasar adalah membagi konsumen menjadi kelompok-kelompok yang berbeda
sedemikian hingga pesan pemasaran dapat dirancang sesuai kebutuhan yang
spesifik dari setiap kelompok konsumen tersebut. Setiap segmen pasar memerlukan
karakteristik atau fitur produk yang berbeda, strategi promosi yang berbeda,
strategi harga yang berbeda, bahkan mungkin saluran distribusi yang berbeda
juga. Hal tersebut menunjukkan bahwa identifikasi atau analisis sebuah segmen
pasar perlu dilakukan secara hati-hati, bahkan memerlukan metode riset dengan
menggunakan teknik analisis yang rumit dan kompelks. Namun semuanya tetap
disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik dari perusahaannya. Identifikasi
segmen pasar yang baik atau tepat harus memenuhi persyaratan yang mencakup:
- Homogen di dalam segmen tersebut.
- Heterogen antar segmen.
- Segmen dapat diukur dan memang penting.
- Segmen dapat dibedakan secara jelas dari segmen lainnya.
- Segmen dapat diakses atau digarap dan ditindaklanjuti oleh perusahaan, dan
- Segmen dapat menjadi sasaran yang menguntungkan.
TIPE ATAU JENIS SEGMEN PASAR
Teknik segmentasi
pasar bisa sederhana atau bisa juga cukup rumit. Hal ini tergantung pada
seberapa banyak faktor atau variabel yang digunakan untuk membedakan sebuah
segmen pasar dibandingkan dengan segmen yang lainnya. Faktor atau variabel
tersebut cukup hanya satu atau dua variabel saja, atau mungkin lebih banyak
variabel yang digunakan untuk membuat segmentasi pasar. Sejumlah variabel yang
digunakan dalam segmentasi pasar adalah sebagai berikut
- Variabel Geografis, misalnya wilayah, ukuran populasi, kepadatan, penduduk, iklim, dan lain-lain.
- Variabel Demografi, misalnya umur, jenis kelamin, besarnya keluarga, pendidikan, penghasilan, jenis pekerjaan, agama, faktor sosio ekonomi, bangsa, atau bahasa.
- Variabel Psikografi, misalnya keperibadian, gaya hidup, nilai yang dianut, atau sikap, dan
- Variabel Perilaku, misalnya tingkat konsumsi atau penggunaan barang, loyalitas terhadap merek, dan lain-lain.
MANFAAT SEGEMNTASI PASAR
Manfaat yang lain dengan dilakukannya segmentasi pasar, antara lain :
- Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
- Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
- Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif.
- Dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmenyang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
- Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi pasar cukup besar.
ANALISIS DEMOGRAFI
Analisis
Demografi adalah analisis penduduk dari rahim hingga liang kubur (from thewomb
to the tomb) karena meliputi analisis penduduk pada seluruh siklus
kehidupanmanusia sejak dari kandungan sampai meninggal.
Demografi, ini merujuk data
statistik penduduk, termasuk pendapatan, rata-rataumur, dan pendidikan. Kalau
menurut Hermawan, demografi ini termasuk dalam Static Attribute Segmentation,
atau cara memandang pasar berdasarkan geografis dan demografi. Geografis
berarti kita melihat pasar berdasarkan wilayah (negara,kawasan, propinsi,
kota). Sedangkan demografi berati kita melihat pasarberdasarkan jenis kelamin,
usia, pekerjaan, agama dan pendidikan.
MANFAAT ANALISIS DEMOGRAFI
- Mempelajari kuantitas dan distribusi penduduk dalam suatu daerah tertentu.
- Menjelaskan pertumbuhan penduduk pada masalampau, kecenderungannya, dan persebarannyadengan sebaik-baiknya dan dengan data yang tersedia.
- Mengembangkan hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk dengan bermacam-macam aspek organisasi sosial, ekonomi, budaya, lingkungandan lain-lain.
- Pemperkirakan pertumbuhan penduduk (proyeksipenduduk) pada masa yang akan datang dan kemungkinan-kemungkinan konsekuensinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar