Rabu, 22 Februari 2012

Rendang




Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing dan beberapa masakan khas Indonesia bahkan telah dikenal oleh orang di seluruh dunia. Salah satunya adalah Tanah Sumatera ,daerah ini terkenal dengan masakannya yang enak dan memanjakan lidah. Oleh karena itu tak heran jika banyak pecinta kuliner menjadikan masakan khas tanah minang ini menjadi makanan favorit mereka. Bukan hanya terkenal di nusantara, tetapi juga populer di dunia. Masakan Padang, umumnya memiliki cita rasa yang pedas berbumbu dan dalam pengolahannya banyak memakai santan kelapa. Wanita (padusi) minang, sangat terkenal dengan keahlian memasaknya. Demikian pula kaum lelaki minang pun memiliki keahlian dalam masak-memasak. Dalam setiap kesempatan acara dan kenduri ,upacara sepanjang kehidupan manusia, upacara Yang Berkaitan dengan perekonomian, upacara keselamatan, selalu terhidang aneka ragam masakan. Diantara semua ragam masakan itu, maka rendang merupakan menu utama disetiap kesempatan. 
Rendang daging  adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya .  Masakan khas dari Sumatera Barat, Indonesia ini sangat digemari semua kalangan masyarakat baik itu di Indonesia ataupun di luar negeri sekalipun. Baru-baru ini, rendang bahkan menjadi perbincangan oleh kalangan internasional karena ternyata rending berada di posisi ke 11 dalam 50 di jajaran makanan terenak di dunia mengejutkan bukan? Rendang memang selalu dicari para pecinta kuliner. Rasanya yang khas dan kaya akan bumbu membuat masakan kuliner ini berada dihati para penggemarnya.
Kenikmatan dari rendang itu sendiri terletak pada bumbunya yang khas  serta daging sapi sebagai bahan utamanya . Bermacam-macam bumbu seperti santan, lada, bawang, daun kunyit, daun limau, serta kerisik menjadi rahasia kelezatan dari rendang. Sementara daging gandik yang merupakan bagian dari paha belakang sapi dipilih karena empuk dan tidak mengandung lemak.
Rendang memang tidak disajikan sebagai makanan utama tetapi sebagai lauk yang biasanya dimakan bersama nasi putih. Tetapi  dalam tradisi Minang, rendang biasa disajikan bersama maskan minang lainnya seperti lemang, nasi, pulut kuning atau pulut kunyit ataupun ketupat.

Biasanya rendang disajikan pada perayaan perayaan tertentu seperti pada saat lebaran, perkawinan, khitanan, dan lain-lain. Rasanya? Tentu tidak perlu diragukan lagi. Sensasi bumbu yang meresap sedap kedalam daging yang lembut menyatu dengan makanan utama seperti nasi atau makanan khas minang lainnya. Rasa pedas dan gurihnya daging seraya melebur dengan panganan yang didampinginya.
Rendang memang bukan lagi sebagai sebuah kuliner yang dapat memanjakan lidah para penikmatnya. Lebih dari hal tersebut, rendang sudah menjadi identitas bagi masyarakat minang. Oleh karena itu, tidak jarang keturunan minang membuat kuliner ini sebagai bentuk pelestarian budaya minang yang juga memperkaya ragam kuliner nusantara.
Rendang memiliki posisi terhormat dalam budaya masyarakat Minangkabau . Rendang memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Minang Sumatra Barat yaitu musyawarah, yang berangkat dari 4 bahan pokok, yaitu:
  1. Dagiang (daging sapi), merupakan lambang dari "Niniak Mamak" (para pemimpin Suku adat)
  2. Karambia (kelapa), merupakan lambang "Cadiak Pandai" (kaum Intelektual)
  3. Lado (cabai), merupakan lambang "Alim Ulama" yang pedas, tegas untuk mengajarkan syariat agama
  4. Pemasak (bumbu), merupakan lambang dari keseluruhan masyarakat Minangkabau
Selain rendang danging, kita dapat menjumpai rending dalam berbagai versi seperti rendang ayam, rendang jegkol, rendang tongkol tetapi biasanya lebih banyak yang yang berminat pada rendang daging.

Beberapa jenis rendang
Rendang  kariang (rendang kering), disebut seperti itu karena minyaknya sudah tidak ada, dan bumbu agak menghitam warnanya.  Rendang  ini dapat bertahan hingga 1 bulan di suhu ruangan, sehingga tidak memakan waktu ketika ingin menikmatinya. Persiapan untuk sarapan ketika hendak ke kantor atau sekolah dapat dalam waktu singkat, bisa juga untuk bekal makan siang, atau jika sering bepergian ke luar kota, dapat membawa bekal rendang dapat pula untuk oleh-oleh saudara yang tinggal di kota tersebut.
Karena proses pengolahan yang sempurna, maka masakan rendang tidak perlu dipanaskan ulang setiap harinya. Bagi penyuka ikan, juga dapat dimasak rendang, ikan yang digunakan biasanya ikan Tongkol Abu-abu, bukan jenis ikan tongkol yang dagingnya pahit. Ikan laut ini banyak berada di pantai Pariaman sehingga sangat segar ketika ditangkap. Ikan Tongkol abu-abu ini dinamakan ikan Sisiak . Untuk dimasak gulaipun, dagingnya manis.
Rendang jariang, rendang ini juga sangat diminati oleh orang padang, rendang jariang ini diartikan ke bahasa Indonesia adalah rendang jengkol. Untuk menghindari bau mulut ketika dimakan, maka pilihlah jengkol yang masih muda. Jengkol muda tidak menyebabkan bau pada mulut, tapi tetap ada bau di kamar mandi.
Pada saat ini kita tidak perlu jauh jauh datang ke Tanah Minang untuk mencicipi masakan rendang ini karena kita dapat menemukan Rumah Makan Padang yang menyebar luas di Indonesia terutama, selain rendang di Rumah Makan tersebut juga terdapat masakan minang lainnya yang disajikan dengan nasi sebagai utamanya.

Rendang di klaim Malaysia

      Karena rasanya yang enak dan menarik di kalangan dunia, ternyata perlu diketahui bahwa Kuala Lumpur hampir meng-klaim rendang ini sebagai warisan budayanya.  Betapa  populernya masakan ini sehingga menjadi rebutan Negara lain sebagai budaya mereka. Dengan kondisi itu, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia (Kemenbudpar) diharap memperjuangkan hak cipta rendang sebagai kuliner asli Indonesia.

Kendati Kemenbudpar telah mengimbau masyarakat agar tidak perlu kebakaran jenggot lantaran rendang diklaim Malaysia, namun pemerintah diharap segera mematenkannya melalui United Nations Education Social and Cultural Organization (UNESCO).


Resep Membuat Rendang Padang
Bahan:
  1. 1 ½ kilo daging sapi
  2. 12 gelas santan dari 3 butir kelapa
  3. 2 biji asam kandis
  4. 1 batang serai, memarkan
  5. 1 lembar daun kunyit
  6. 2 lembar daun jeruk purut
  7. Garam secukupnya
Haluskan:
  1. 1 ons cabe merah
  2. 15 buah bawang merah
  3. 6 siung bawang putih
  4. 5 buah kemiri
  5. 2 cm jahe
  6. 3 cm laos (yang ini tidak perlu dihaluskan, cukup di keprak saja)
Cara membuat:
  • Daging dipotong2 sesuai selera.
  • Dalam wajan: rebus santan dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan plus daun-daun dan asam kandis.
  • Aduk terus sampai mengental agar santannya tidak pecah. Kalau sudah mulai keluar minyak masukan potongan-potongan daging
  • Aduk terus dan dimasak dengan api sedang. Kalau mau dihitamkan kecilkan apinya

    Jadi rendang adalah makanan khas Indonesia yang mempunyai banyak keunggulan. Betapa  populernya masakan ini sehingga menjadi rebutan Negara lain sebagai budaya mereka. Maka kita sebagai masyarakat Indonesia perlu bangga karena masakan ini banyak yang mengakui .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar